Skip to main content

Welcome, Fresh-graduate!


Bulan July merupakan bulan yang paling sibuk dan ramai bagi para mahasiswa tingkat akhir karena bulan July merupakan deadline sidang skripsi yang kemudian diikuti dengan upacara wisuda.

Flash back ke 3 tahun lalu disaat saya juga merupakan salah satu mahasiswa tingkat akhir yang siap baru saja menyelesaikan sidang skripsi dan siap mengikuti upacara wisuda. Wisuda merupakan hari sangat bersejarah bagi mahasiswa karena di hari itu mereka membuktikan bahwa mereka berhasil menyelesaikan studi mereka terlepas dari jumlah semester, jumlah ulang kelas, serta jumlah tunggakan biaya kuliah! Dan hari setelah wisuda lebih berarti lagi karena para “fresh graduate”, istilah bagi para lulusan baru universitas, sudah siap memasuki dunia yang sebenarnya yaitu dunia kerja.

Apa sih yang akan terjadi di dunia kerja? Bagaimana kita mempersiapkan diri? Kapan kita harus melamar kerja? Siapkah saya??

Semua pertanyaan-pertanyaan ini pasti pernah muncul di kepalamu, bahkan mungkin saat ini pun kamu sedang memikirkannya. Berbekal pengalaman selama 3 tahun bekerja ini dan juga sedikit ilmu mengenai pengembangan sumber daya manusia, saya akan membagikan tips dan cerita yang mungkin bisa kamu jadikan referensi. Blog ini terbuka untuk semua pendapat, masukan, kritik, serta request! Untuk mempermudah, silakan tinggalkan komen di post ini.

Best regards,
Finka