Skip to main content

Finka's Project #10: Armindustry

Postingan gambar-gambar gelang di instagram yang bikin penasaran. Simple, menarik, dan elegan. Cukup menyita banyak perhatian. Begitulah kesan saya terhadap Arm Industry, bisnis yang saat ini fokus dijalankan oleh Chandra Pratama Sudiro (22), mahasiswa Fakultas Teknologi Industri. Dengan penampilan modis ala pria modern, Chandra selalu tampil meyakinkan dengan aksesoris yang doi kenakan. Yuk kita simak! 




Chan, Apa itu Arm Industry? Siapa sih targetmu?
Arm INDUSTRY is a Jakarta based accessories brand that founded in March 2014. Even though we are categorize as a newcomer brand, we are slowly becoming the accessory brand to know across the country. Usually bracelets are related with woman and can only be worn by women. Well, here in arm INDUSTRY we focus in producing hand-made premium stone and leather bracelets that suitable for both men and women. We will assure that our bracelets are going to make your whole look perfect. All of our products are exclusively designed to accompany your daily look, from casual to elegant. You can simply pair them with a simple T-Shirt and enjoy a cup of coffee on a coffee shop, or maybe pair them with your most classy suit to attend a formal event. The most important thing to be noted is our bracelets will look perfect on your wrist alongside your favorite watch.

High-quality materials are gathered from around this country to gives you a perfect bracelets that will make your day. Not only the size that can be customized by our customer but also our customers are able to design their own bracelets. All of our products are fully guaranteed against manufacturing defects. With our signature hook, clasp and packaging, we will give you perfection in a box.

Armindustry ini aku buat sendiri fin, untuk pasar aku itu dari kelas menengah sampe yang top end, dari yang suka pake gelang aja sampe yang suka luxury watch.



Mulai kapan kepikiran untuk berbisnis?
Untuk bisnis aku kepikiran dari aku 6 SD kebetulan. Kalau bisa dikatakan being an enterpreneur udah seperti passion yang aku miliki dari kecil. Namun, kendala yang ada adalah aku terlahir dari keluarga yang menutup seluruh jalan aku untuk membuka suatu usaha karena mereka takut aku bakal keluar dari dunia pendidikan jika mengenal uang dari kecil. Hasrat ini terus tertahan until one day aku nekat bisnis pake uang yang aku punya dan sekarang aku cukup ketagihan untuk memulai suatu usaha baru dan memperbesar usaha-usaha aku yang udah ada.


Kenapa pilih bisnis gelang?
Untuk bisnis Armindustry ini kepikiran semenjak aku mulai suka jam tangan, jadi karena aku suka jam and ngelihat di dunia ini semua orang yang pake jam yang bisa dikategorikan cukup mahal itu selalu pakai gelang. Gelang itu aku lihat jadi salah satu pelengkap jam-jam mahal dan harga gelang ini juga bisa aku kategorikan mahal juga. Selain itu juga, aku saat itu ga menemukan di Indonesia brand gelang yang mencoba untuk masuk di segmen pasar itu. Dari kondisi itu aku melihat peluang dibisnis ini, karena aku saat itu kenal salah satu pengajin gelang dan kenal sama supplier batu lokal dan juga aku ngelihat celah untuk masuk ke bisnis ini.

Udah berapa lama Chandra menjalankan bisnis ini?
Kalau untuk bisnis gelang ini udah mau 1 tahun.

Chandra Pratama Sudiro
Coba ceritain pernah ga ada cerita sedih saat kamu menjalankan bisnis ini?
Untuk duka adalah direndahkan oleh orang lain. Mungkin lebih tepatnya customer, dimana ada mindset bahwa "customer adalah raja" dan mindset ini bisa membuat orang (customer) bisa merendahkan aku sebagai pemilik. Hal yang ga mudah untuk diterima buat aku, cuman aku jadi bisa belajar untuk mendewasakan diri aku untuk bisa menahan rasa marah, mudah tersinggung dan lainnya terhadap hal ini.


Chan sebutin deh hal apa yang membuat kamu tetap semangat buat bikin bisnis ini berhasil.
Hal yang bikin aku semangat adalah ini bisnis aku sendiri, dimana aku merasa aku bisa melakukan sesuatu sesuatu passion aku sendiri sehingga semua yang aku alami selama ini jadi semacam kesenangan dalam kehidupan sehari-hari aku sendiri. Selain itu, aku juga ngelihat prospek untuk bisnis ini maju dimana selama ini customer yang aku miliki tidak hanya dari Indonesia dan aku juga udah dapet deal dengan 2 website online shop di singapore dan australia sebagai reseller di negara mereka.


Apa sih mimpi kamu dengan Arm Industry 5 tahun kedepan?
Mimpi aku dari bisnis ini, aku bisa jadi salah satu brand yang diakui di dunia dan aku bisa masukin brand aku ke negara-negara besar. Dengan terjadinya hal ini, tentu akan menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih besar dan ini juga menjadi salah satu tindak nyata yang dapat aku lakukan untuk menekan tingkat pengangguran yang ada.


Kesan apa yang kamu dapat tentang menjadi seorang entrepreneur? Gimana pandanganmu untuk prospek entrepreneurship di Indonesia?
Dengan menjadi enterpreneur aku merasa jadi boss dalam usaha yang super kecil ini. Walaupun usaha ini sangat kecil aku tetap menjadi boss dari usaha ini dan aku merasa apa yang aku lakukan akan sepenuh hati karena apa yang aku lakukan untuk suatu hal yang aku bangun sendiri ibarat kata aku seperti membesarkan anak sendiri.

Dengan keadaan Indonesia saat ini, aku ngelihat ga cuman enterpreneur yang dibutuhkan tapi peningkatan kualitas sumber daya manusia kita perlu ditingkatkan sehingga para enterpreneur dapat menciptakan product dengan kualitas yang baik dan juga dengan meningkatnya kualitas SDM tentu akan membuat orang di Indonesia yang bekerja (fokus di dunia karir) dapat bersaing di AFTA yang sebentar lagi masuk di Indonesia.


Apa quotes favoritmu?
"I may walk slowly but I never walk slowly", Abraham Lincoln




Pesan dari Chandra buat Readers yang mau jadi entrepreneur!
Dalam menjadi enterpreneur hal yang pasti saya sampaikan adalah terus mencoba karena permasalahan dibanyak orang adalah langkah pertama, yaitu membuat apa yang ada dipikirannya menjadi suatu usaha yang nyata. Namun, aku juga terus mengingatkan untuk tidak asal mencoba tapi pikirkan dengan seksama lalu coba. Jangan pernah takut untuk gagal, mungkin sistem pendidikan kita di Indonesia mendidik kita untuk takut akan gagal namun, dalam bisnis gagal itu pasti dan dari gagal kamu bisa menemukan solusi untuk memperbesar atupun menjawab masalah yang terjadi.

Thanks Chan buat ceritamu, sukses selalu ya! :)
Arm Industry
ig: ARMINDUSTRY
Line: arm_INSDUSTRY
email: arm.industry.cps@gmail.com