Skip to main content

Finka's Project #6 : Noizy Tribe DC


 
Watch this video!

Hi Readers! Entertainment selalu menjadi suatu sajian yang dinanti-nanti orang banyak, terutama para penghuni kota-kota besar yang sudah terlalu penat dengan rutinitas setiap hari yang sangat padat. Seorang wanita muda yang cantik ini, berinisiatif memberikan sajian entertaniment yang sesungguhnya melalui dance company yang ia rintis bersama partnernya. Berawal dari hobby dan bakat tari yang dimiliki mereka, Yurin dan Yuliana berhasil mambangun bisnis mereka sendiri selama 7 tahun belakangan ini.

Simak kutipan wawancara dengan Yurin Nurvini (Y), owner dari Noizy Tribe.    

Salah satu performance Noizy Tribe DC

F              : Hi Yurin, thanks ya sudah meluangkan  waktu untuk sharing dengan Finka’s Project mengenai bisnismu. Sejak kapan nih Noizy Tribe berdiri?

Y              : 7 Januari 2007

F              : Apa sih yang membuat Yurin kok bisa kepikiran buka usaha ini? 

Y              : Semuanya sebetulnya serba kebetulan saja. Tahun 2005 berawal dari les anak-anak Inggris yang haus akan les yang non-akademik. Akhirnya menjadi les tari anak lalu berkembang   menjadi sekolah tari anak-remaja. Bergerak ke arah profesional pada 7 Januari 2007 karena orang suka dengan sajian entertainment di wedding saya. Jadi kepikiran karena banyak tanggapang bagus dan kenapa tidak berkarya karena hobby dan pengalaman serta ilmu yang ada untuk dikembangkan menjadi suatu sajian dance entertainment yang sesungguhnya. 

F              : Wah ternyata begitu.. Sekarang ini setelah pro, Yurin targetkan sajian entertainment untuk apa saja? 

Y              : Sajian untuk singin dan dance show, conceptual show, flashmob yang lagi jadi tren dan sajian entertainment yang fresh. Targetnya semua kalangan yang membutuhkan pastinya. Terima untuk segala macam event. 

F              : Gimana cara capai target, dancer nya dan berapa pelatihnya?

Y              : Capai target yang pasti harus sering berinovasi dengan setiap proyek baru yang dibeli  client. Trus menerus mendidik team seminggu minimal 7-9 jam berlatih (dibagi 2-3 pertemuan), mengadakan workshop dan juga audisi dancer. Pelatih sementara ini sekitar 4-5 orang (termasuk owner). Setiap dancer pun mendapat pembekalan khusus secara teori-teknik-latihan-pre show-after show-raport evaluasi dan target. 

F              : Dari awal berdiri di 2007 sampai sekarang ini, sudah berapa jenis tarian/ project yang sudah ditampilkan oleh Noizy Tribe? 

Y              : Jumlah tarian kira-kira sampai sekarang sudah mendekati 100 koreografi. Ada 14 proyek besar, jenis tarian sekitar 10 jenis dan terus berkembang.

Yuliana
Yurin


F              : Wow keren banget! Siapa sih yang jadi 
motivator utama dibalik kesuksesan Yurin? 

Y              : Yang pasti kedua orang tua, mertua dan suami lalu partner kerja. 

F              : Partner kerja yang awalnya sama hobby?



 
Y              : Partner kerja saya adalah teman menari di sekolah tari Flamboyant Ballet School Surabaya dari kecil sampai besar. Jadi kami punya kemampuan yang sama dalam segala hal. Koreo, concepting, manajemen, dan desain kostum. 

F              : Sweet! Gimana cara mengimbangi waktu antara business woman-dancer-mommy-wife? 

Y              : Jam kerja kami sangat fleksibel. Pagi waktu untuk anak dan suami, lalu masing-masing sekolah dan kerja. Sore sebelum mengajar kelas tari, saya harus menidurkan dan memasak. Malam hari is bed time for kids!

F              : Hebat sekali cara bagi perannya. Pernah ga di protes anak atau suaminya? 

Y              : Jika kami show, ada para asisten, supervisor backstage, dan head show yang akan membantu saya dan partner. Jadi kami tidak perlu hadir terlalu awal dan pulang terlalu malam. Kecuali jika eventnya besar sekali/ proyek baru. Baru kami wajib handle 100% saat show. 

F              : Ada tidak kesulitannya dalam hal bagi waktu? 

Y              : Kesulitannya pasti ada. Sebab jam kerja kami berkebalikan dengan jam kerja para suami yang notabene kerja kantoran semua. Proses penyesuaian pasti ada untuk kami belajar saling memahami. Yang penting dukungan keluarga serta komitmen tetap ada. Jadi bisa saling mengerti pada akhirnya. 

F              : Wah bisa dijadikan masukan untuk Readers nih. Untuk sekali project, range harnyanya berapa? 

Y              : Rata-rata jika bukan proyek besar 6-8 juta. Jika proyek besar 15juta-up. Standard 5juta -5,5 juta juga masih bisa. 

F              : Mengenai culture/values perusahaan. Ada tidak budaya/nilai yang sengaja dibentuk di Noizy Tribe? Dan cara apa yang digunakan Yurin dan tim manajemen untuk menjaganya?
The Teams
Y              : Kekeluargaan dan Profesionalitas. Sistem yang selalu saya terapkan di team adalah kami para owner ibarat mama dan papa sesuai dengan peran kami masing-masing. Team adalah anak-anak kami. Mereka harus saling menyayangi, membantu, dan mendukung satu sama lain. Saat mereka dididik, mereka wajib tanggung jawab serta disiplin sehingga mereka bisa profesional dalam emnjalankan peran mereka sebagai penari. Jadi di team kami tidak pernah ada permasalahan personal affair (sombong, iri hati, malas, dll) yang berkelanjutan. 

F              : Apa sih cita-cita terbesar Noizy Tribe? 

Y              : Cita-cita terbesar NoizyTribe tidak muluk. Kami hanya ingin terus berkiprah dengan bendera kami dan khas kami. Dengan kami berhasil mempertahankannya serta mengembangkannya, secara otomatis sayap kami akan makin lebar. Maka makin banyak orang akan menikmati sebuah dance entertainment yang tidak hanya menjual fashion namun benar-benar berseni, berkelas dan profesional. Masuk TV itu salah satu nya hehehe....  

F              : Mantab! Apa sih motto hidup yang Yurin pegang sampai saat ini?

Y              : Terus Berharap dan Berjuang.

F              : Idolamu?

Y              : Mamaku. Mama orangnya selalu punya semangat juang tinggi dan tidak pernah menyerah. 

F              : Tips untuk para Readers dong supaya semakin mantab untuk menjalani bisnis yang berasal dari hobby!

Y              : Tips untuk Readers... Selama itu hobby yang kamu sukai, jalani dan kembangkanlah. Jangan pernah pesimis dan terlalu muluk-muluk. Berharap dan percaya serta serahkan pada yang Diatas. Taruh semua impianmu kedalam box mimpimu. Jika saatnya tiba, jalani dengan passion dan niat serta semangat!!!

F              : Thanks banget Yurin untuk tipsnya yang sangat inspiratif dan juga waktunya untuk sharing di Finka’s Project. Sukses selalu untukmu!

Y              : Amin.

Noizy Tribe

@NoizyTribeDC

CP: 08179636550 / 087859028281
Workshop 1: Jl. Terusan Borobudur 26, Malang
Workshop 2: Jl. Lokon 14, Malang