Skip to main content

Finka’s Project #5: Chevia

Ditengah perkembangan online shop yang semakin menjamur melalui akun instagram, Chevia terlihat stand-out walaupun usianya masih sangat belia. Desain-desain baju bermotif batik dan kain-kain khas Indonesia namun bergaya kekinian dan keren. Yang lebih serunya lagi, founder Chevia ini dulunya adalah seorang pramugari dari airlines top di Indonesia! Apasih yang membuat Olivia Cheniko (O) banting setir menjadi full time entrepreneur? Yuk Readers, kita simak ceritanya!

Chevia membuat motif batik jadi bisa digunakan dalam acara apapun!

F              : Olive, certain donk buat Readers, bisnis apa sih yang sedang kamu jalanin?

O              : Bisnis clothing line untuk perempuan. Dengan mengangkat kain-kain motif tradisional   Indonesia seperti batik, tenun, songket. Yang didesain chic, modern jadi bisa dipakai kapanpun dimanapun, ga harus acara formal. Karena motif-motif tradisional kan identik dengan acara formal. Jadi dengan desain aku, orang-orang bisa jalan ke mall tanpa harus terkesan formal dan tua banget.

F              : Sejak kapan sih Chevia berdiri?

O             : Maret 2014

F              : Coba certain donk ke Readers sejak kapan kepikiran buat terjun 100% du dunia bisnis fashion ini?

O             : Sebenernya dari dulu punya cita-cita pengen punya clothing line. Cuma ya Cuma kepengen-kepengen aja. Trus pas resmi keluar dari airlines Garuda, aku nekad-in buat langsung buka usaha ini.
 
F              : Dulu sudah berapa lama di airlines Garuda?

O             : 2 tahun. Kontrak sama garuda 2 tahun. Mungkin emang jiwanya jiwa bisnis bukan jadi pramugari. Hehe.

F              : Bisnis fashion kan persaingannya ketat banget di Indonesia, menurutmu apa sih yang jadi keunggulan Chevia dibandingkan clothing line yang lainnya?

O             : Keunggulannya desain kita beda dari yang lain. Chic dan Simple. Dengan kualitas bahan dan jahitan yang bagus, hargapun terjangkau. Jadi orang-orang gaakan nyesel beli produk kita J.

F              : Hehehe bangett… Setuju banget kalo jahitannya bagus dan halus banget! Sampai sekarang uda produksi brapa pcs baju/rok?

O             : Kita produksi terus sih jadi stok nambah terus. Mungkin kurang lebih 200-300 pcs yang ready.

F              : Olive kamu pilih bisnis fashion ini karena naturally suka desain baju atau karena kamu melihat pasarnya yang menggiurkan?

O             :  Karena aku suka pake baju bagus. Hahahaha.

F              : Ohh I see… Km emang modis banget dan selalu ok yah gayanya. Ngomong-ngomong kan katanya sering ikutan bazaar. Uda ikutin bazaar apa aja selama ini?

O             : Ifest 2014, Fimela fest 2014, Youngsterinc by Majalah SWA, Cleo shop a thon 2014, CG! My fest 2014, The Meet Market, A week in Vegas by Bazaaraddict.

F              : Manteb banget memang kakak satu ini. Enam bulan ON, sudah 7 kali ikutan bazaar yang skalanya cukup besar ini. Chevia punya target khusus ga sih? Terus strategi nya apa aja?

O             : Iya, targetnya sebenernya cewek usia 17-35 tahun. Jadi anak muda, orang kantor (buat hari jumat) sama Ibu-ibu muda. Tapi ternyata… ada juga ibu-ibu, tante-tante, bahkan oma-oma beli baju aku. Hehehe.

Webstore www.chevia-store.com lagi under construction nih
F              : Wah unexpected banget yaa. Strategi yang uda dijalanin selain ikutan bazaar?

O             : Sementara masi via instagram. Tapi webstorenya lagi dikerjain sih.

F              : Twitter sama FB gimana?

O             : Engga sih. Soalnya yang lagi happening kan instagram. Hehehehe.

F              : Team Chevia siapa aja nih Liv?

O             : Aku, mamaku, papaku, dan adikku Yoan. Aku sebagai founder dan design produk, Mama yang bikin pola. Papa yang urus produksi ke tukang jahit dsb, Yoan yang kerjain semua yang berhubungan sama design kecuali design bajunya.

F              : Wow it’s like a super family! Kalo menurut Olive peluang di bisnis ini gimana?

O             : Menurut aku, peluang selalu ada kalau orang punya niat dan usaha. Soal kompetisi sih dimana aja ga hanya di fashion, pasti saingan dimana-mana. Tinggal siapa yang punya kreatifitas dan konsistensi untuk membesarkan usahanya.

F              : Berapasih modal awal yang dikeluarkan

O             : Modal awal kurang lebih 30 juta dan aku puterin terus.

F              : Menurut mu apasih tantangan terber dalam menjalankan bisnis full time?

O             : Tantangan sih paling di masalah produksi soalnya tenaga produksi masih minim tapi permintaan meningkat terus.

Chevia juga bisa didapatkan di Zalora ID

F              : Yang artinya bagus yaa permintaannya nambah terus. Nah, walaupun barun muncul, boleh donk punya mimpi. Jadi mimpi Chevia apa nih?

O             : Mimpinya sih Chevia bisa makin besar, baik penjualan, maupun namanya. Sama semoga aja bisa sampai market luar negri.

F              : Apa quotes favoritmu?

O             : “If you never try, then you’ll never know”.

F              : Nicee.. Liv, ada kesan pesan buat Readers semua?

O             : Pesannya: kalau ada niat dan usaha pasti ada jalan. Dan jalanin usaha yang memang kamu suka, bukan karena ikut-ikutan tren doing.   

CHEVIA
Instagram: cheviaonline
LINE : cheviaonline
BBpin: 265A3CB3
WhatsApp: +628170836233
Chevia-Store