Skip to main content

Finka’s Project #1: CAIAN’S

Hi Readers, kebayang ga sih snack yang biasa cuma kita cemil kering-kering gitu sekarang bisa bikin seger dahaga??

Di edisi perdana ini, saya dapet kesempatan spesial nih untuk kenal lebih dekat dengan founder CAIAN’S dan tau lebih banyak cerita unik dibalik kesuksesan minuman blended yang sedang nge-hitz dikalangan anak muda di Bandung ini.

Kira-kira pukul 3 sore, saya dan teman-teman meluncur ke jalan raya Dago yang merupakan salah satu pusat jajan dan pusat keramaian di kota Bandung. Dago merupakan daerah kunjungan wajib baik bagi turis lokal maupun mancanegara. Turis-turis yang mengunjungi kota Bandung pasti tidak asing dengan daerah ini. Disekeliling jalan ini berderet toko-toko seperti outlet, cafe, dan hotel. Disini juga lah letak kedai CAIAN’S, kedai yang menjadi tempat tujuan saya untuk singgah bersantai sambil minum yang seger-seger dan menikmati pemandangan hilir mudik lalu lintas di jalan Dago.

CAIAN's outlet at Dago
Dengan sambutan hangat dan bersemangat seorang laki-laki muda, kami pun diarahkan untuk duduk di salah satu kursi dan meja yang tersedia. Ternyata, saya disambut langsung oleh pemilik kedai CAIAN’S ini! Disodori daftar menu kedai CAIAN’S, saya pun tertarik. Nutella blended, Kitkat blended, Red Velvet blended. Snack yang biasa kita makan, kini juga bisa kita minum. Inilah yang menjadi keunikan CAIAN’S. Karena kebetulan yang punya kedai ada disini, saya pun tertarik mengetahui lebih banyak mengenai bisnis CAIAN’S. Simak berikut adalah hasil bincang-bincang saya dengan Irfan Fadhillah, pendiri kedai CAIAN’S.    

F              : Hi Irfan, thanks for your warm regard and your time for being interviewed by Finka’s Project! Kami ingin dengar ceritamu nih, gimana sih kisah kamu sampai dapat ide untuk mulai usaha CAIAN’S ini?

I               : Awalnya bermula dari projek mata kuliah kewirausahaan Fin. Karena responnya bagus, kami terusin usaha ini dengan membuka booth di acara kampus maupun sekolah. Awalnya iseng-iseng aja buat cari pengalaman dan asik-asikan. Tapi akhirnya kami putusin serius menekuni bidang F&B (Food & Beverage.red) ini dengan bikin mini cafe didaerah Dago. Kalo ide dari produk sendiri, kami dari awal ingin mencari diferensiasi dari produk minuman lain yang lagi tren di masyarakat seperti bubble tea dan kopi-kopian. Akhirnya ketemulah ide bikin minuman yang diambil dari bahan makanan seperti coklat nutella, snickers, kitkat, dan masih banyak lagi dengan cara di blend. Nama CAIAN’S sendiri diambil dari bahasa sunda. “Cai” artinya air. “CAIAN’s” artinya di-air-in, sesuai dengan konsep produk kami yang memberi pengalaman pada temen-temen untuk dapat meminum produk-produk yang selama ini cuma bisa dimakan. Hehe

M Irfan Fadhillah - CEO CAIAN's
F              : Wah seru banget ya, berasal dari ketidaksengajaan, bisa jadi awal yang cemerlang untuk bisnis CAIAN’S. Ngomong-ngomong, sudah brapa lama sih CAIAN’S berdiri?

I               : Brand CAIAN’S sendiri berdiri dari Desember 2012, tapi kami baru benar-benar turun ke pasaran dari Oktober 2013, pada saat mini cafe kami berdiri. Disela-sela itu kami isi dengan berjualan di acara-acara, sekalian tes pasar dan terima masukan terhadap produk kami

F              : Sebetulnya, apasih kelebihan yang ingin CAIAN’S tonjolkan pada calon customer?

I               : Produk kami berbeda dan syukur alhamdulillah hampir semua bilang enak dan unik. CAIAN’S punya diferensiasi. Dari pertanyaan: "Produk apa sih yang lagi rame di pasaran?" Kami cari celah disitu dengan bikin produk yang beda. Kalo kata anak marketing sih “Giving new experience”. Hehehe. Selain itu, kelebihan CAIAN’S adalah packaging yang premium. Jadi kalo difoto lebih indah.. Dan enak dibawa-bawa.

F              : Ooo begitu. Berarti konsepnya memang udah dipikirkan dengan sangat matang ya.. Untuk target customernya sendiri apakah anak muda aja atau gimana?

I               : Sebenernya sih ga mateng juga Fin.. jujur kita mulai nekat aja. Prinsip kita “Gausah nunggu sempurna baru jalan, sempurnakan sambil jalan”

CAIAN's Menu
F              : Cadasss....

I               : Iya target market CAIAN’S adalah mahasiswa dan anak sekolah, yang kisaran umurnya dari 15-23 tahun. Tapi setelah jalan baru terlihat siapa yang harus dijadikan specific target market untuk kami garap, yaitu anak SMA. Hahaha. Saya sering dengar dari temen-temen anak SMA di Bandung yang bilang 
“ Belum gaul kalo belum ke CAIAN’S”. Halaahh...

F              : Nah supaya tepat sasaran, ada ga strategi khusus yang dijalankan CAIAN’S (misal diskon spesial, cozy place, services, atau tema-tema seru)?

I               : CAIAN’S punya program student promo dari Senin-Kamis. Tematik cafe juga selalu berganti tiap bulannya. Tapi untuk ke depan, kami akan serius menggarap promosi dari media sosial instagram, yang sebelumnya kami lebih condong ke twitter.

Finka's Project at CAIAN's

F              : Sipp. Kemarin kita ngintip. CAIAN’S lagi direnovasi, apa ini salah satu bentuk pengembangan bisnis?

I               : Ohh iya itu buat buka 2 cabang baru. Hehe. Doakan semoga lancar ya J

F              : Wah kereen... Buka-bukaan donk, sekarang omzet CAIAN’S per bulannya berapa?

I               : Rata-rata omzet CAIAN’S 50 juta/ bulan Fin. Itu kalo dirata-ratakan ya, kadang kurang kadang juga lebih.

CAIAN's Tweets
F              : Rencana ke depan setelah buka 2 cabang baru apa nih?

I               : Untuk internal sendiri kita sedang dalam proses pembentukan Head Office dan manajemen. Insyaallah sampai akhir tahun mau buka 3 cabang, jadi totalnya ada 4 cabang tapi masih sekitaran Bandung.

F              : Amin.. pasti dilancarkan...

I               : Kalau rencana kedepan sih kita mau buka di kota-kota besar Indonesia. Bahkan ke luar negeri. Tapi, tunggu saya lulus dulu... Hahahhahaha.

F              : Readers, FYI, Irfan ini adalah mahasiswa angkatan 2010 di salah satu Universitas Swasta di Bandung lho (he's so young!). Sekarang kita berangan-angan ya. Lima sampai sepuluh tahun kedepan. Sebetulnya cita-cita terbesar CAIAN’S dimasa depan apa nih?

I               : Untuk 10 tahun kedepan, saya ingin memperkerjakan 1000 orang Fin. Artinya, dengan asumsi 5 orang/cabang, CAIAN’S buka 200 cabang lagi dimanapun itu J. Tapi intinya, kita mau memberi manfaat bagi orang banyak, itu aja.

F              : Sangat mulia dan inspiratif! Kalau Irfan sendiri sebagai founder CAIAN’S, punya sosok atau tokoh inspirasi ga? Sekalian quotes favorit ya kalo ada.

I               : Tokoh inspirasi saya adalah ayah saya. Saya selalu inget dengan kata-kata beliau yang selalu terngiang-ngiang dalam diri saya dari kecil “Apa yang kamu tanam, itu yang akan kamu tuai”. Simple dan umum memang, tapi itu mungkin dasar kehidupan ya. Haha.

F              : Mantab banget. Udah sukses, ganteng, soleh, taat sama ortu pula!

I               : Hahahha. Amin amin...

F              : Thank you Irfan for your time and your precious story. We believe it will inspire others and also yourself to be more success!

Kemudian saya melanjutkan minum CAIAN'S Green tea yang jadi favorit saya. So, mana CAIAN'S favoritmu?

CAIAN's Team
Lokasi Outlet:

1. CAIAN’s Street Cafe 
    Jl. Dago no. 108, Bandung 
    (Pelataran parkir FO Glow)

2. CAIAN’s Bar (Opening Soon) 
    Jl. Martanegara no. 8, Bandung 
    (Cafe The Armory)
    Depan SESKOAD Martanegara

3. CAIAN’s Friendzone (Opening Soon) 
    Jl. Kol. Ahmad Syam No, 123 Jatinangor
    Saung Budaya Sunda (SABUSU)


Check this out! @CAIAN’s_ (twitter&instagram)