Skip to main content

Greeting from Finka: An Idea and Effort

Hallo semua!

Apakabarnya? Saya harap semua dalam keadaan baik ya! :)


Pertama-tama, saya mau mengucapkan terimakasih karena telah mengunjungi blog ini. 


Blog ini tercipta atas inisiatif pribadi yang kemudian didukung oleh orang-orang terdekat. Berawal karena ingin berturut serta dalam kemajuan kewirausahaan yang berkelanjutan di Indonesia, saya memberanikan diri untuk mengimplementasikan sebuah konsep yang sudah saya pikirkan dalam beberapa waktu belakangan ini. 


Presentase aktual 0,18% dari target 2% merupakan pekerjaan rumah yang cukup menantang bagi Indonesia saat ini. Masih sangat sedikit jumlah pemerintah kita yang peduli terhadap kewirausahaan yang berkelanjutan di Indonesia. Menurut Dr. Gusti Muhammad Hatta (dikutip dari: http://www.forbes.com/), kita masih harus mengusahakan agar lebih banyak kementrian yang peduli dengan perkembangan kewirausahaan di Indonesia. Contohnya seperti menekan suku bunga bank dan menurunkan tarif lisensi bisnis untuk new-start-ups. Masih banyak hal yang dapat dilakukan pemerintah untuk mendukung kewirausahaan di Indonesia asal mereka peduli dan mau melakukannya. 


Mengapa kita harus mendukung kewirausahaan di Indonesia? Ernst and Young menerbitkan EY Global Entrepreneurship Barometer 2013 yang memaparkan mengapa kewirausahaan Indonesia harus didukung. Antara lain adalah:  

• Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan besarnya populasi yang membuat Indonesia menawarkan pasar yang menjanjikan terutama untuk sektor menengah kebawah. 
• Sangat memungkinkan terjadinya regulasi yang mendukung kewirausahaan di Indonesia
• Modal untuk projek inovatif dan beresiko lebih bertumbuh secara dinamis di Indonesia daripada di negara G20 lainnya
• Total biaya pajak dan pajak tak langsung relatif lebih rendah di Indonesia
(sumber: http://www.ey.com/Publication/vwLUAssets/EY-G20-country-report-2013-Indonesia/$FILE/EY-G20-country-report-2013-Indonesia.pdf). 

Selain keunggulan-keunggulan diatas, justru, secara nyatanya, masih banyak tantangan yang harus segera kita temukan solusinya. Seperti: 

• Kurangnya anggaran untuk Litbang sehingga kualitas produk yang dihasilkan belum bisa bersaing dengan produk mancanegara
• Kurangnya jaminan untuk modal dan kesejahteraan bagi wirausahawan pemula yang ingin langsung terjun ke dunia usaha di usia dini. 
• Kurangnya pendidikan mengenai mental kewirausahaan untuk warga negara Indonesia. Sehingga kewirausahaan belum mendarah daging dalam diri warga negara Indonesia. 

Apa yang bisa saya lakukan di Finka's Project ini? 

Untuk 'menemukan' para wirausahawan-wirausahawan muda yang sudah berhasil mengatasi tantangan awal, yaitu bagi yang telah berani menjalankan new-start-up dan fokus menjalankannya. Dengan metode publishing the read-able interview content di blog ini. Tujuannya adalah menginspirasi para calon wirausahawan yang ingin fokus pada start-up bisnis mereka, menemukan kisah menarik mereka dalam menjalankan usahanya serta semakin mempromosikan wirausaha mereka agar berkelanjutan. 

Maka dari itu, untuk teman-teman yang tertarik agar kisahnya diangkat di Finka's Project ini, bisa mengisi form di link berikut: 


Register for the Finka's Project


Thank you for your attention, we look forward to hear from you!